إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Senin, 21 Januari 2013

Cara Pengisisan KRS online FEB UGM

Assalamu'alaikum sahabat sahabati.
Disini saya mau bagi-bagi info nih tentang gimana sih cara ngisi KRS online di portal akademiknya FEB UGM yg bernama SINTESIS itu? Okelah sebagai mahasiswa baru, sebenernya saya juga kurang ngerti sih dengan langkah-langkahnya. Tapi ternyata pas baca postingan kakak admin JMME di group Formasnya FEB 2012, alhamdulillah agak mudheng sih yah walopun belum mudeng2 amat :3. langsung aja ya :)

Langkah pertama:
ternyata ya sahabat sahabati, ngisi KRS tuh ada syaratnya juga, terus kalo ada syarat yg belum terpenuhi, kita gabisa ngisi KRSnya. Waaah sayang banget kan kalo gitu, apalagi kalo udah mepet jadwal akhir pengisian KRS. oke ini nih ternyata syarat2 yg diposting kakak admin JMME:

Jadi, yang harus teman-teman lakukan adalah :

1. Pastikan bahwa Anda telah membayar SPP dan asuransi GMC . Setelah membayar, pastikan bahwa pembayaran Anda telah tervalidasi. Caranya? Tinggal masuk ke akun sistesis Anda dan lihat fasilitas “Payment Recapitulation”. 

-->>Semester genap th ajaran 2012/2013 di FEB diawali dg registrasi ulang (bayar SPP) pada 28 Jan-1 Feb 2013, jangan lupa ya :) 

Setelah bayar SPP, kemudian pengisian KRS online FEB pada 4 - 6 Feb 2013
Jika sudah membayar namun belum tervalidasi, sabar kawan, tunggu beberapa saat dulu. Jika masih belum juga tervalidasi, maka tanyakan kepada pihak akademik dengan membawa bukti pembayaran Anda. So, jangan dibuang ya. 

2. Selanjutnya, suatu saat nanti akan ada pemberitahuan kalau teman-teman diharuskan untuk mengisi kuesioner. Soal kapannya form kuesioner keluar, teman-teman bisa update info sendiri. Bisa tanya-tanya teman atau ada info SMS dari bagian Akademik (ingat, ini mungkin lho, jadi lebih baik update sendiri ya, bisa saja Bagian Akademik tidak memberi SMS). Teman-teman bisa membuka form questioner di fasilitas “Input Lecturer Questionnaire” pada akun Sintesis Anda. Isi kuesionernya tentang kinerja para dosen, perpustakaan dll dalam menjalankan tugasnya. Jadi, teman-teman bisa mengisinya secara objektif sebagai bahan dosen untuk memperbaiki cara mngjarnya dll. Kalau dosennya killer, bilang aja killer. Gak usah takut hahahha . . . xD. Pengisian kuesioner WAJIB dilakukan lho, kalau tidak dilakukan, Anda tidak bisa melakukan KRS

Langkah kedua
nah, setelah prasyarat di langkah pertama terpenuhi semua, sekarang saya mau bagi info yg saya dapat tentang bagaimana cara pengisian KRS onlinenya.
Gambar 1. nah..ini nih contoh form KRS tahun lalu 

Gambar 2. conn't form KRS
Keterangan gambar 2:
Form KRS (Kartu Rencana Studi)
a. Kolom berwarna merah
Kotak kecil yang ada pada kolom warna merah adalah tempat dimana kita meng-klik mata kuliah pilihan kita. Seperti pada contoh gambar ini, untuk mata kuliah Pengauditan 1 telah menjadi mata kuliah yang dipilih (lihat gambar 1) 

b. kolom berwarna kuning
Kolom berwarna kuning berisi tentang nama makul yang diambil, kode makul, jadwal dan pengajarnya. Untuk angka 2 dan 3 pada bagian kanan dalam kolom ini menjelaskan tentang bobot pada mata kuliah tersebut, apakah 2 SKS atau 3 SKS.

c. Kolom berwarna hitam
Menjelaskan tentang quota maksimal mahasiswa dalam kelas tersebut.

d. Kolom berwarna ungu
Kolom ini menjelaskan tentang sisa quota dari kelas tersebut. Jika angka menunjukkan "0", berarti quota untuk kelas tersebut telah habis.


naaaah...tapi sebelum mengisi itu semua, sangat dianjurkan untuk membuka SINTESIS dan melihat menu Mata Kulah Ditawarkan, lalu buat daftar rencana study anda dan cadangannya (kali aja kelas yg dipilih udah full)..

okey. cukup sekian info yang saya dapat dan yang dapat saya bagi, untuk info terbaru insyaAllah menyusul. Ayooo...semangat menjalani semester genap :)

Semoga bermanfaat :)

1 komentar:

  1. KRSan dimulai hari ini pukul 20.00 WIB. Semangat ya semoga sukses :)

    BalasHapus