إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Senin, 11 Maret 2013

KUNJUNGAN ke PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR CABANG LAMPUNG


PT. Indofood CBP Sukses Makmur cabang Lampung merupakan salah satu anak cabang perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang berlokasi di Jl. Ir. Sutami Km.15 Ds. Sindang Sari, Tanjung Bintang, Lampung Selatan. CBP (Consumen Brand Product) atau Produk Konsumen Bermerek merupakan kegiatan perusahaan yang berkonsentrasi dalam industri pembuatan mi instan, bumbu penyedap makanan, makanan ringan dan makanan khusus.
PT. Indofood CBP Sukses Makmur cabang Lampung ini berdiri pada tahun 1997 dengan produksi perdana mulai dilakukan pada tahun 1998. Perusahaan yang berdiri di atas lahan dengan luas 7,6 hektar ini merupakan cabang ke 14 yang dibuka, sedangkan selanjutnya PT. Indofood Sukses Makmur Tbk akan membuka cabag ke 15-nya di Jambi.
PT. Indofood CBP Sukses Makmur cabang Lampung berkonsentrasi dalam produksi mi instan khusus untuk wilayah lokal Lampung dengan produknya yaitu Indomie, Supermi, Sarimi, Sakura, serta Intermi. Untuk pengembangan dan peningkatan kinerja perusahaan, PT. Indofood CBP Sukses Makmur cabang Lampung memiliki komitmen yakni selalu berusaha memingkatkan hubungan baik dengan karyawan, dan komitmen produk aman sesuai standar aman yang telah ditetapkan pemerintah.
Memiliki 203 karyawan dengan karyawan produksi sebanyak 96 orang. Untuk meingkatkan produktivitas dan kinerja karyawan, perusahaan memberikan berbagai PT. Indofood CBP Sukses Makmur cabang Lampung fasilitas kepada karyawan berupa kantin, poliklinik, masjid, kendaraan antar-jemput karyawan, jaminan kesehatan, sarana olahraga dan kesenian, rekreasi, beasiswa untuk anak karyawan dan penghargaan untuk karyawan berprestasi.
Untuk lebih meningkatkan produktivitas perusahaan, PT. Indofood CBP Sukses Makmur cabang Lampung melakukan mekanisasi, menggantikan tenaga manusia dengan tenaga mesin. Akibat dari kebijakan ini, beberapa karyawan terpaksa di berhentikan dari tugasnya. Modal perusahaan diperoleh dari penanaman modal para investor dengan modal terbesar dipegang oleh Anthoni Salim.
Mixing
Pencampuran bahan-bahan menjadi satu adonan
Pressing
Pengepresan adonan
Steaming
Pengukusan dengan uap panas 900 C
Cutting & Folding
Pemotongan dan pelipatan
Frying
Penggorengan dengan suhu minyak 120-1500C
Cooling
Pendinginan (agar mi tidak lembab dalam bungkus)
Wrapping/packing
Pengemasan








Proses produksi dilakukan dalam tujuh tahapan. Dari pencampuran bahan-bahan, hingga pengemasan. Di bawah ini merupakan proses produksi dalam pembuatan mi instan yang di lakukan  di PT. Indofood CBP Sukses Makmur cabang Lampung :          
Dalam proses pencampuran bahan-bahan, bahan-bahan yang dicampur antara lain  tepung terigu dari Bogasari, minyak goreng dari Bimoli, serta air bersih standar air minum. Untuk bumbu mi, PT. Indofood CBP Sukses Makmur cabang Lampung tidak membuatnya sendiri, namun memesannya dari anak perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang berkonsentrasi dalam pembuatan bumbu. Hasil produksi PT. Indofood CBP Sukses Makmur cabang Lampung hanya di distribusikan untuk memenuhi permintaan mi di wilayah Lampung.
Selanjutnya, untuk mengembangkan perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk akan membuka cabang di daerah lain seperti yang telah dibuka di Lampung ini yang bertujuan untuk memenuhi permintaan konsumen di daerah-daerah, selain itu juga dilakukan peningkatan kualitas dan mutu produk. Struktur organisasi PT. Indofood CBP Sukses Makmur cabang Lampung terdiri dari dewan komisaris dan direksi yang menbawahi bidang dan unit masing-masing.



*diambil dari kumpulan tugas Studikolaboratif Laampung

3 komentar:

  1. wah, bermanfaat. aku pernah kesini kemudian diberikan pemaparan tentang sistem manajemen PT. Indofoodnya. Salam kenal yaa, aku anak galax13 Insan Cendekia Gorontalo ^^

    BalasHapus
  2. apakah ada penerimaan mahasiswa PKL?

    BalasHapus
  3. Ini penting untuk karya tulis smp
    Agar dapat UNBK

    BalasHapus