إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Senin, 25 Maret 2013

Notes from UPA


Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Sahabat-sahabati rahimakumullah, beberapa hari lalu ceritanya saya pinjem sebuah buku dari seorang temen SMA. buku yang sangat inspiratif dan membangun. Walaupun sampulnya cewek banget (pink mencolok) tapi jangan salah, isinya sangat sangat super. Jadi buku yang telah rampung saya baca itu berjudul Udah Putusin Aja karya Ustadz Felix Siauw. Tau kan? Pasti tau dong, buku yang akhir-akhir ini jadi perbincangan banyak kalangan muda di TL twitter (saya). hhe. Pokoknya saya saranin banget deh sahabat/i baca buku ini. ga bakal nyesel kok serius. nah bagi yang belum sempet baca gara-gara belum punya bukunya atau belum dapet pinjeman, atau malah belum punya waktu luang buat baca, disini saya tuliskan beberapa poin penting (intinya) dari buku UPA ini. 

1.      Cinta adalah fitrah dan indikasi kedewasaan. Tak ada makhluk yang hidup tanpa cinta. bahkan hewan dan tumbuhanpun juga punya cinta. yang membedakan cinta manusia dengan makhluk lain adalah manusia memiliki akal untuk mengelola cinta. 
2.      Memang cinta itu datang karena terbiasa. Itulah fitrahnya.
3.      Bukan berarti ketika Allah mengaruniakan rasa cinta sbg fitrah manusia, kita bisa mengekspresikannya sesuai kehendak kita. Semua ada masanya, ada caranya dan ada aturanya.
4.      Islam memandang cinta itu agung dan suci, karenanya perlu diatur, dan aturannya tidak tanggung tanggung, langsung dari Pencipta manusia, Allah Swt.
5.      Kenapa lelaki senang hubungan tanpa komitmen dan ikatan? | karena masa depan lelaki tak dinilai dari masa lalunya. Lelaki dipilih karena masa depannya, sedang wanita dipilih dengan masa lalunya.
6.      Pacaran 100% merugikan perempuan, cepat atau lambat. terbukti, jika terjadi hal yang tidak diinginkan, lelaki mudah saja pergi meninggalkan wanita, sedangkan wanita yang harus menanggung akibatnya.
7.      Hati-hati dengan kata ”Cuma”. Ingat, semua dosa besar diawali dengan “Cuma”. misalnya ada seorang lelaki yang bilang suka ke wanita, si lelaki bilang "aku cuman menyatakan perasaan dan tak mengharapkan balasannya", tapi di balik itu semua dia tak menyadari "cuman menyatakan" yang dia katakan kepada wanita bisa merubah perasaannya yang sebelumnya biasa saja menjadi suka. atau malah sebaliknya, yang sebelumnya biasa aja menjadi ga biasa.
8.      Cinta itu memikirkan yang dicintai, bukan hanya kemarin dan kini, tapi nanti. Ingat bahwa yang kita cintai sekarang suatu saat bisa menjadi yang kita benci, dan yang kita benci  sekarang bisa saja kelak menjadi seorang yang amat kita cintai.
9.      Lelaki sejati bukan yang banyak janji, tapi yang berani datang ke wali atau menahan diri dari perkataan yang tak pasti. jadi seperti penjelasan sebelumnya, kalo memang sukanya belum serius, jangan lah mudah menyatakan cinta, karena bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. tapi kalo beneran udah serius, yaudah langsung aja temuin walinya. ngomong baik-baik. minta ijin lah intinya.
10.  Pacaran selalu dimulai dengan pengorbanan dan diakhiri saat ada korban. misalnya pas awal pacaran, si cewek mau mau aja berkorban demi cowoknya dan sebaliknya. tapi pas udah timbul masalah-masalah, bahkan bisa aja saling memaki, atau bahkan memutuskan silaturahmi
11.  “seorang wanita dinikahi karena empat hal, karena hartanya, keturunannya, kecantikannya dan agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang taat agamanya (memahami islam), niscaya kamu akan beruntung” (HR. Al Bukhari dan Muslim)
yak, sepertinya cukup segini aja ya notes from UPA nya, sebenernya masih ada beberapa poin lagi tapi berhubung catetan ilang entah kemana ya mau diapain lagi. insyaallah kalo udah ketemu bakal ditambah kok. semoga bermanfaat. yang penting sih Udah Putusin Aja :D



0 komentar:

Posting Komentar