إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Senin, 11 Februari 2013

Kuliah perdana- semester 2


Hai, bagaimana kuliah perdananya di semester 2? Yak, kayaknya gak ada yang bakal nanyain pertanyaan seperti itu lagi. Terakhir ditanya seperti itu mungkin 6 tahun yang lalu kali ya. Dan ga kerasa banget aku sekarang udah kuliah di semester 2. Berarti udah lebih dari 6 bulan aku jadi seorang mahasiswa.
Terus apa yang udah didapet selama satu semester kebelakang?  Jawaban yang tepat mungkin belum banyak yang kudapatkan. Maklum, semester lalu bisa dibilang aku terlalu menjadi mahasiswa yang kupu-kupu, kuliah pulang-kuliah pulang. Belum tau mana kegiatan fakultas yang harus diikuti. Malah terkesan ansos kalo difakultas, kenal orang ya yang sekelas itu aja. Tapi, jangan tanya kalo tentang kegiatan di luar kampus, alhamdulillahnya aku masih ikut organisasi pergerakan, jadi ya seenggaknya masih punya banyak teman diluar fakultas. Dan itu sangat menguntungkan bisa sharing antar jurusan.
Oke, kembali lagi ke topik awal, bagaimana kuliah perdananya nih? Kalo ada skala pengukur semangat sih mungkin kuliah perdana ini wow banget ya, smangat banget lah pokoknya. Meskipun kuliah dimulai jam 7 pagi dan diakhiri jam 7 malam. 12 jam sehari dikampus, bener-bener hal yang belum pernah aku lakukan di semester lalu. Berasa jadi orang sibuk seketika, sibuk kuliah maksudnya. Hhe
Oiya hari ini aku ada 3 jadwal kuliah, dan tiga tiganya masing-masing 3 sks. Jadi jumlah total hari ini adalah 9 sks. Kuliah pertama pukul 7 pagi, mata kuliah Pengantar Ekonomi 2. dosennya Pak Ari Sudarman bertempat diruang U-214. Tak seperti kuliah pagi semester sebelumnya, kuliah pagi kali ini rasanya beda banget. Entah ada angina apa, aku jadi semangat banget masuk kelas, dengerin materi, nyatet, wah pokoknya semangat banget deh. Mungkin karena dukungan dari temen-temen juga kali ya, itulah gunanya temen, mendukung kita ketika jatuh.
Selain menyampaikan materi pengantar ekonomi yang sekarang bahasannya mengenai makro, Pak Ari juga menyampaikan beberapa pesan. Kalau ga salah denger sih seperti ini pesan beliau:
Komunikasi dengan bahasa yang buruk akan menimbulkan kesalah pahaman, seperti yang terjadi pada pasar, akan mengalmi kegagalan jika terjadi inperfect information karena buruk atau kurang jelasnya informasi dan komunikasi antar demander dan supplier

Pas bapaknya ngomong gitu, entah kenapa aku tiba-tiba jleb. Ngena banget. Dan dari situ pula aku jadi sadar dan ngerasa bahwa mungkin udah banyak orang yang salah paham denganku karena caraku berkomunikasi yang mungkin tidak bisa dikatakan baik. Sesi kuliah pertama berakhir pukul 09.30.
And next class. Kelas berikutnya adalah Matematika Ekonomi 2 oleh pak Wahyu Widayat, biar singkat dan kelihatan keren, biasanya anak-anak menyebutnya pak WW. Entah itu siapa nyang pertama kali nyingkat nama beliau seperti itu. Berbeda dengan kelas sebelumnya, kelas matek kali ini bener-bener SERIUS.
Iya serius banget, sampe sekelas ngakak ketawa gara-gara bapaknya serius banget nyeritain everything about himself. Dari cerita tentang keluarga beliau, jaman-jaman kuliah, perjuangan sampe sukses, dan lain-lain deh. Pokoknya 2,5 jam pelajaran dihabisin cuman buat cerita-cerita. Tapi nggak cuman cerita gitu aja, pak WW juga ngasih nasihat-nasihat buat kita semua, walopun yah nasihatnya ga beliau sampein secara tersurat, tapi tersirat lewat ceriita beliau.
Jadi mungkin ini beberapa nasihat beliau yang masih ku abadikan dalam notebook:
1.      Kunci sukses seseorang itu adalah berusaha lebih baik dari orang lain
2.      Perbedaan mahasiswa dulu dan sekarang: mahasiswa dulu ngetok ruang dosen buat diskusiin pelajaran, mahasiswa sekarang ngetok ruang dosen buat protes nilai
3.      Mengajari anak bermain kartu remi itu perlu karena dengan kartu anak bisa dengan mudah belajar berhitung.
4.      Pelajaran dari bermain kartu remi: belajar hemat (keluarkan kartu yang kecil dahulu, jangan awal main langsung mengeluarkan kartu yang besar, karena kemungkinan besar akan kalah)
5.      Proses belajar tiap orang berbeda, dan gabisa dipaksakan sama untuk semua orang
6.      Berwirausaha bisa dilakukan dimana saja, manfaatkan peluang yang ada
7.      Kalo kerja, jangan minta atau mengharapkan jabatan, lebih baik ciptakan hal baru
8.      Matematika itu bukan ilmu sekali baca seleseai. Matematika itu butuh latihan, latihan dan latihan sebanyak mungkin.
Mungkin itu, 8 poin utama dalam cerita pak ww selama 2,5 jam. Dosen yang asik seru, meskipun ketika pertam kali masukkukira beliaunya killer, ternyata tidak. Oiya sistem penilaian yang digunakan adalah distribusi normal, perbandingan nilai A:B:C:D:E 10% : 20% : 40% : 20% : 10% . jadi harus semangat banget belajar matematika. Jangan siakan kesempatan yang ada lah intinya.
            Nah, abis kelasnya ‘pak WW selesai, daripada nganggur nunggu 4 jam buat kelas berikutnya. Yaudah deh aku nyusup di kelas ASP (Akuntansi Sektor Publik), disana hampir semua penghuni kelas adalah kakak angkatan atas jurusan akuntansi. Dan apa yang bikin wow lagi? Anak IE 2012 nya cuman 4 bayangkan. Krik krik banget deh kayaknyan kalo mereka tetep bertahan di kelas itu mana isinya sebagian besar kakak angkatan 2010 dan 2011 lagi.
            Sesi susup menyusup telah usai. Dan sesi berikutnya adalah kelas bahasa Inggris. Kelas yang isinya 80 anak, dan dari keseluruhannya mungkn 95%nya anak IE 2012, sisanya kakak kelas. Jadi ya wuuus gausah ditanya, kelas rusuh sepanjang jalan. Namanya IE gabisa diem, kalo udah gitu aku jadi sering inget Gycen, inget SS yang sama sama rusuhnya, noh kan galau lagi. Hha. Kelas hari inipun berakhir pukul 7 malam. Dan aku punya baanyak teman baru hari ini. Yeaah :)


2 komentar:

  1. distribusi nilai normal, kok kaya polinomial ya (sambil inget2) hehe 1:2:4:2:1 bener gak sih? --a

    enak juga ya bisa nyusup2 ke kelas yang ada kakak kelasnya, berasa sensasinya gitu, hehe

    BalasHapus
  2. iyo distribusi normal tuh pas pelajaran statistika dulu (parametrik statistik) kalo ga salah. ya untunglah yg penting nilainya ga random. hhe. sensasi apaan? haha. ada juga krik krik

    BalasHapus